don't talk to me

Jumat, 01 Oktober 2010

Titanic Karam akibat Salah Setir

Internasional / Kamis, 23 September 2010 11:56 WIB
SEBUAH buku menyebutkan Kapal Titanic menabrak gunug es dan karam lantaran terjadi kesalahan menyetir. Hal itu diungkapkan penulis buku tentang detik-detik terakhkir Titanic, Louise Patten, baru-baru ini. Sejarah mencatat kecelakaan kapal Titanic terjadi pada pelayaran perdananya di tahun 1912.
Patten merupakan cucu Charles Lightoller, perwira yang bertugas di kapal Titanic. Patten mengatakan fakta itu ditutupi selama hampir 100 tahun karena khawatir akan menodai reputasi Lightoller. Kelak, Lightoller, menjadi pahlawan perang.
Menurut Patten, Lightoller tak memaparkan fakta itu kepada tim penyelidik Inggris dan Amerika Serikat. Lightoller berharap pemilik Titanic tak bangkrut dan para pegawai di perusahaan pelayaran tidak dipecat.
"Kecelakaan ini bisa dihindari seandainya awak kapal tidak melakukan kesalahan fatal," kata Patten dalam wawancara dengan koran Inggris Daily Telegraph.
Seharusnyam kata Patten, kapal bisa disetir ke kiri saat gunung es terlihat jelas. Namun, juru setir, Robert Hitchins, panik dan menyetir ke kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar